Efek Kaporit pada Anak

Kaporit berdampak tidak hanya pada kulit dan rambut tapi juga pada mata anak. Tapi Mama dapat melawannya dengan tip berikut ini.

Anak Anda sedang keranjingan berenang? Sedikit banyak, kaporit pasti berdampak pada kulit, mata dan rambutnya. Tapi Anda tak perlu mengurangi waktu berenang mereka yang sangat baik untuk pertumbuhannya. Berikut tip sederhana agar Anda bisa membantunya melawan efek kaporit:

KULIT
Kaporit membuat kulit kering, ujar Michael Reed Pharm.D., direktur toksikologi klinis di Children’s Hospital Medical Center, Akron, Ohio. Nah, rajin-rajinlah membilas tubuh anak dengan air bersih saat ia beristirahat di sela-sela waktu renangnya, dan begitu sampai di rumah.

Setidaknya setengah jam sebelum berenang, pakaikan anak tabir surya yang cukup baik untuk melembabkan kulitnya dan aplikasikan lotion lembut sebelum ia pergi tidur.

MATA
Mengenakan kacamata renang adalah cara terbaik untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada mata akibat kaporit. Jika mata anak terasa perih, padahal baru sebentar di dalam air dan bau kaporit tercium sangat kuat, coba bicara dengan manajer kolam.

Ajak anak keluar dulu dari kolam sampai petugas menguji airnya dan kadar zat kimia di dalam air diseimbangkan. Bila petugas tidak melakukannya, lebih baik Anda mengajak anak berenang di tempat lain saja.

RAMBUT
Kaporit juga dapat membuat rambut kering bahkan rusak. Untuk mengurangi kekeringan ini, bilas rambut anak dengan air bersih secara menyeluruh sebelum ia masuk ke dalam kolam.

Saat rambutnya diselimuti dan menyerap cukup banyak air segar, rambut akan menyerap lebih sedikit kaporit. Jangan lupa, bilas juga rambutnya dan cuci bersih setelah berenang ya, Ma.

Baca juga: Tepat Pilih Tabir Surya Buat Anak

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia