Hadapi Anak Tantrum di Pesta Ulang Tahun

Kita tidak tahu kapan anak akan menunjukkan sikap tidak suka atau tantrum terlebih lagi di depan umum atau pada saat di pesta ulang tahun temannya. Namun, apakah setiap mama tahu kalau anak yang tidak berulang tahun akan cepat ngambek saat rumah penuh hadiah dan balon untuk orang lain. Begini caranya untuk menghadapi anak:

Jika anak Anda yang tidak berulang tahun…
ingin meniup lilin.
Coba ini! Sebelum pesta, berikan si kecil sebuah pin khusus bertuliskan ‘helper’. Carikan tugas khusus untuknya, seperti mengoper kue atau minuman, dll.

Jika anak Anda yang tidak berulang tahun… merasa harus mendapat kado juga.
Coba ini! Mark Bowers, Ph.D., pediatric psychologist, menyarankan untuk mengatakan, “Mama tahu kamu merasa kecewa karena kakak kamu mendapat kado pada hari ini dan kamu tidak. Tapi, pikirkan semua kesenangan yang akan kamu dapatkan pada pesta ulang tahun kamu.” Anda tidak tahan terhadap protesnya? Mungkin Anda bisa mulai suatu tradisi berupa memberi ‘kado keluarga’, seperti board game atau buku berseri, untuk dinikmati semua orang.

Jika anak Anda yang tidak berulang tahun… tiba-tiba tantrum selama pesta.
Coba ini! Sebisa mungkin, abaikan tantrum anak. Katakan saja bahwa semua anak ‘sibuk’ bermain dan betapa senangnya mereka pada saat ini. Lalu, ajak anak ikut menikmati kegembiraan itu.

Bisa Bantu Apa, ya?

Sebaiknya, Anda selalu memberi anak tugas rumah tangga yang sesuai dengan level keterampilannya sehingga ia bisa berhasil dengan baik. Lalu, tugas apa yang paling pas untuk anak usia ini? Membantu merawat hewan peliharaan. Tentu saja, ia harus selalui diawasi ketika berinteraksi dengan hewan tersebut. Berikut beberapa tugas yang bisa dilakukannya:
•    Membantu memberi makanan dan minum pada tempat makan hewan. Karena hewan piaraan suka terlalu bersemangat saat diberi makan, sebaiknya Anda yang memberinya secara langsung. Biarkan anak mengoper makanan atau minuman pada Anda. Jadi, jari si kecil tidak akan sengaja tergigit.
•    Membantu merawat kandang, seperti memberi alas koran.
•    Mencuci atau menyimpan tempat makan.
•    Membantu menyimpan mainan hewan piaraan.

Photo: Corbis

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia