Hambatan Tidur Bagi Anak

Inilah tukang sabotase tidur anak yang sebenarnya

Pasti deh Anda sudah tahu kalau kamar yang terlalu panas atau  dingin, atau terlalu bising, bisa mengganggu kenyenyakan tidur anak Anda. Yang di bawah ini, ternyata lebih mengkhawatirkan lagi lho:
• Nonton TV: Bahkan volume suara TV yang sangat pelan bisa jadi rangsang yang berlebihan sebelum waktu tidur.

• Kafein terselubung: Bukan hanya dalam cola dan cokelat, namun juga ada dalam minuman seperti orange soda dan Mountain Dew.

• Olahraga: Jika anak Anda aktif secara fisik sekitar tiga jam sebelum waktu tidur —sekalipun hanya lari-lari sebentar di kamar atau halaman— cukup repot juga untuk tenang dalam waktu singkat. 
Catatan: Katakan pada Ayah kalau mengangkat-angkat anak di udara adalah pertanda sudah tiba waktunya bobok.

• Lampu yang terang: Ini bisa me-reset lagi jam biologis anak dan menunda proses tidur. Sekitar setengah jam sebelum waktu tidur, kecilkan lampu dimanapun anak berada.

• Decongestant atau antihistamine: Beberapa di antaranya mengandung bahan-bahan (seperti pseudoephedrine atau diphenhydramine) yang berfungsi sebagai stimulant (perangsang). Coba berikan obat-obat tersebut di siang hari agar Anda bisa tahu persis efeknya terhadap si kecil. Bila obat-obatan tersebut malah membuatnya sangat aktif, berikan saja saline drops atau humidifier.
Catatan: Sebelum memberi obat apapun, sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter anak. Dengan begitu, bisa dipilih obat yang paling pas dan juga aman bagi si kecil.

• Jadwal yang kelewat padat: Bila Anda selalu pulang terlambat dari kantor atau kegiatan lain, ini bisa jadi penyebab stres si kecil. Bukan apa-apa, anak kan tetap butuh bermanja-manjaan. Lakukan kegiatan kesukaannya dan lupakan hal-hal lain.


               





              Follow Us

              angket

              Most Popular

              Instagram Newsfeed

              @parentingindonesia