Ingin Pelihara Ikan di Akuarium, Ini Tipsnya!

Anak Anda suka ikan? Kenapa tidak mencoba pelihara ikan di akuarium? Selain anak Anda senang, akuarium yang berisi ikan-ikan cantik dapat membantu melepaskan stres yang dihadapi.

Sebelum mengajak anak memelihara ikan di akuarium, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak tipsnya berikut ini:

Perhatikan ukuran akuarium
Saat memulai membuat akuarium, pastinya Anda tidak pernah mempertimbangkan untuk langsung membeli akuarium ukuran besar. Namun, tahukah Ma, ternyata akuarium besar memiliki keuntungan sendiri. Jika filter akuarium atau pemanas air rusak, air di dalam akuarium besar akan bertahan lebih lama dan memberikan waktu lebih lama untuk menyelesaikan masalah-masalah yang bisa terjadi.

Ikan air tawar atau laut?
Ikan air tawar akan lebih mudah dirawat daripada ikan air laut. Tapi sebelum akuarium tersebut siap, tanyakan pada penjual ikan (atau mungkin baca buku mengenai perawatan ikan) untuk mengetahui tips-tips cara mengganti air, memasang filter akuarium, dan cara menciptakan lingkungan akuarium sehat untuk ikan-ikan Anda.

Cermat pilih ukuran ikan
Ikan ukuran kecil merupakan ikan yang terbaik, seperti jenis neon tetra dan cardinal tetra, cory cats, gouramis, dan zebra danios (ikan mas lebih memerlukan perhatian ekstra). Akuarium yang memiliki lampu akan lebih memerlihatkan warna indah dari ikan-ikan tersebut. Tapi, sebaiknya jangan nyalakan sepanjang hari karena akan memicu pertumbuhan lumut lebih cepat.

Makanan ikan
Apapun makanan yang diberikan untuk ikan Anda, jenis kering, berbentuk pellet, ataupun makanan ikan alami (seperti cacing, dll) jangan pernah memberi makan ikan Anda berlebihan. Makanan yang tidak termakan akan membuat akuarium Anda kotor. Anak Anda tetap bisa memberi makan ikan tersebut, tapi jangan lupa ingatkan untuk memberikan takaran yang pas.

Peliharalah lingkungan akuarium sehat
Anda harus mengganti 1/5 air akuarium tersebut sedikitnya seminggu sekali, tapi lebih baik jika ½. Tapi jangan terlalu sering mengganti air akuarium karena bakteri yang hidup untuk membantu ikan tetap sehat akan mati. (Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)

Baca juga: Waspada Salmonella dari Si Kura-kura

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia