Jangan Tularkan Stres Pada Anak

Semua mama pasti pernah didera stres dalam berbagai tingkatan. Entah stres karena pekerjaan, atau melihat ulah anak yang 'ajaib'. Namun, Anda perlu berhati-hati, jika sering stres. Menurut penelitian yang dilakukan tim penelti Universitas California, stres pada orang tua bisa memicu timbulnya asma pada anak.

Tak hanya faktor lingkungan yang terpapar polusi tinggi, faktor psikologis seperti stres dan depresi bisa memicu asma pada anak. Tim peneliti menemukan wanita hamil yang mengalami stres berisiko tinggi melahirkan anak yang menderita asma dan memiliki tingkat alergi akan sangat tinggi.

Para peneliti juga mengungkapkan, pola asuh orang tua yang tidak baik, keadaan ekonomi, juga akan sangat berpengaruh pada stres yang bisa memicu penyakit asma pada anak. Terlebih lagi jika anak tinggal di lingkungan kurang bersih dan suasana rumah tidak menyenangkan. Risiko anak terkena asma dan penyakit lainnya pun sangat tinggi.

"Studi ini menunjukkan bukti bahwa keadaan psikologis orang tua dan suasana rumah berpengaruh pada kesehtan anak," kata Elaine Vickers, salah satu peneliti penyakit asma asal Inggris.

Maka itu, sebagai orang tua, mulailah untuk mengendalikan dan belajar mengatasi stres. Saat berada di rumah buatlah suasana menyenangkan sehingga anak merasa nyaman dalam rumah dan senang berada di dekat orang tuanya.

Usahakan tidak membawa persoalan pekerjaan dalam rumah. Jadikanlah rumah sebagai tempat menenangkan pikiran dan jangan membuat suasana rumah menjadi 'panas' karena tidak hanya berpengaruh negatif pada psikologis anak tetapi juga kesehatannya.

Baca juga: Usir Stres Dalam 5 Menit

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia