Jenis Suplemen Untuk Anak

Beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam suplemen berikut ini biasa dikonsumsi oleh anak:

1. Minyak ikan (Omega 3). Omega 3 termasuk salah satu jenis minyak sehat yang baik untuk perkembangan otak anak. Banyak terdapat  pada seafood.

2. Vitamin D. Berfungsi untuk perkembangan tulang dan gigi. Terdapat pada ikan yg berminyak, seperti sarden, tuna, salmon, dan produk susu. Ingin sumber vitamin D yang murah? ‘Jemur’ si kecil di bawah sinar matahari selama 5 - 30 menit sebelum pukul 8 pagi atau setelah pukul 3 sore. Ya, sinar matahari punya ‘kekuatan’ untuk mengubah provitamin D di bawah kulit anak menjadi vitamin D yang dibutuhkannya.

3. Zat besi. Berfungsi untuk pembentukan otot dan melancarkan aliran sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi banyak terdapat pada daging merah, sereal, dan kacang-kacangan.  

4. Probiotik. Probiotik berfungsi  untuk meningkatkan pertahanan saluran pencernaan dan mencegah diare. Sumber probiotik terbaik adalah ASI.

5.Kalsium. Berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Sumber terbanyak bisa diperoleh di susu, sayuran berwarna hijau gelap, sereal, atau ikan dengan tulang lunak.

6.Serat. Penting untuk melancarkan pencernaan. Risiko kekurangan serat adalah susah buang air besar. Serat terdapat di sayuran, buah, dan agar-agar.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia