Jika Anak Telan Uang Logam

Jika anak Anda menelan uang logam, jangan langsung panik. Ini yang bisa Mama dilakukan?


Fakta: Tindakan terbaik tergantung situasi—dan usia si kecil


• Bila ia batuk tapi berhati-hatilah, saluran napas bisa tersumbat sebagian. Menepuk-nepuknya bisa pula menggeser uang logam dan menyebabkan seluruh saluran napas tersumbat. “Biarkan anak batuk sampai uang logam  keluar sendiri,” kata Ghazala Sharieff, M.D., direktur pada Pediatric Emergency Medicine for California Emergency Physicians, San Diego.

• 
Jika tindakan tersebut tidak berhasil, atau bila anak memegang tenggorokan, agak kebiruan, tidak bisa batuk (atau batuknya lemah), minta seseorang menghubungi dokter. Bila mahir dan yakin, Anda bisa melakukan tindakan pertolongan pertama. (Beda sekali lho caranya pada bayi dan anak di atas setahun; pelajari dari buku Petunjuk Praktis Pertolongan Pertama terbitan Gaya Favorit Press atau download saja ‘How to Save a Choking Child’ pada www.parenting.com/pullouts)


• Kalau ia sudah benar-benar menelan uang logam itu, segera hubungi dokter. Jika sudah ada di kerongkongan atau perut, besar kemungkinan akan keluar dengan sendirinya saat anak pup. Namun, bila posisi uang logam lebih tinggi atau tidak keluar jua setelah satu hari atau lebih, ini berarti perlu diangkat. –laura flynn mccarthy

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia