Kapan Anak Mulai Kenal Warna?

Kemampuan anak mengenali warna akan semakin berkembang saat ia berusia sekitar 18 bulan. Namun, pada saat sama, anak juga mulai melihat persamaan dan perbedaan antara bentuk, ukuran, dan tekstur.

Karena itu, akan memakan sedikit waktu untuk anak dapat mengenali nama-nama warna – kebanyakan anak dapat menyebutkan setidaknya satu warna saat menginjak usia 36 bulan.

Bagaimana melatih anak mengenal warna? Saat berjalan-jalan di luar rumah,  ajaklah anak ikut permainan memilih dan menyocokkan. Katakan: "Mama melihat bunga berwarna merah", dan tunggu sampai ia menunjuk bunga tersebut. Jika ia sedang mengenakan baju dengan warna tertentu, misalnya biru, tanyakan padanya apakah ada benda lain yang warnanya sama dengan warna bajunya.

Selain itu, anak di usia balita suka melihat buku-buku bergambar yang memiliki banyak bentuk dan warna. Anda bisa mulai dengan meminta anak untuk mengidentifikasi hal-hal nonverbal; misalnya dengan mengatakan, "Bisakah kamu tunjukkan mama persegi berwarna merah", dan biarkan dia menunjuknya.

Ketika ia sudah mulai belajar nama-nama warna, Anda dapat membalikkan permainan dengan menunjuk ke suatu objek dan tanyakan padanya, apakah warna dari objek tersebut. Ia akan senang jika dapat memamerkan pengetahuannya.

Jika anak melakukan kesalahan, tidak perlu mengoreksinya (berpura-pura saja bahwa dia benar), tapi langsung beritahukan jawaban yang benar dengan nada yang memberi semangat.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia