Kata Pertama Anak

Apa sih kata pertama yang biasa diucapkan anak? Kebanyakan kata pertamanya adalah kata yang diulangnya: Anda mengatakan “Susu” dan ia akan mengatakan “Cucu”.

Pada usia 16 bulan, ia mungkin sudah bisa mengatakan sejumlah kata. Berapa banyak? Rata-rata sekitar 50 kata untuk anak perempuan dan 30 kata untuk anak lak-laki. (Anak laki-laki memang cenderung mengembangkan keterampilan berbicara sekitar 1 – 2 bulan setelahnya.)

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu agar anak senang berceloteh:

 Bacalah antar baris 
Ketika Anda membaca bersamanya, berceritalah tentang apa yang ada pada setiap halaman buku. Lakukan sambil menunjuk pada benda yang ada dalam cerita pilihan. Misalnya, mobil, bunga, dll.

Siapkan banyak cerita saat bermain
Jika ia menyukai binatang, katakan, misalnya, “Dana sedang memegang sapi. ‘Moo,’ kata si sapi. Dan seterusnya. Bantulah si kecil untuk memahami bahwa kata benda menunjuk pada suatu objek dan kata kerja untuk menunjuk adanya tindakan.

Biarkan anak juga aktif
Anda tahu anak haus. Tapi, jangan buru-buru mengisi sippy cup si kecil. Tunggu sampai ia yang lebih dulu memberitahu Anda.

Tiru suara binatang
Suara binatang adalah suara yang paling mudah ditiru anak karena tidak memiliki banyak konsonan. Jadi, selingi ‘pelajaran’ berbicara ini dengan menirukan suara monyet, sapi, anjing, dll. Wah, anak pasti langsung bersemangat belajar.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia