Keajaiban Wortel untuk Anak

Wortel termasuk makanan favorit anak. Selain warnanya terang, rasanya cukup manis. Yang pasti, ada bonusnya berupa beta-karoten yang berlimpah ruah, sehingga wortel memang benar-benar menyehatkan.

Selain itu, sebagai antioksidan, beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan vitamin ini penting untuk pertumbuhan si kecil. Sebenarnya, apa saja manfaat dari wortel?

- Membantu penglihatan. Vitamin A diubah menjadi pigmen berwarna ungu dalam retina, yang esensial untuk melihat lampu yang remang-remang. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 1,4 juta anak di dunia mengalami kebutaan akibat kekurangan vitamin A. Jadi, nutrisi ini memang sangat penting untuk penglihatan (terutama untuk melihat kegelapan).

- Meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A membuat kulit dan sel-sel sepanjang saluran napas, sistem pencernaan dan saluran kemih tetap sehat. Semua ini merupakan ujung tombak pertahanan tubuh terhadap infeksi. Bahkan, kekurangan vitamin A yang ringan sekalipun pada anak erat kaitannya terhadap tingginya angka penyakit saluran pernapasan dan diare.

- Melegakan pernapasan. Wortel bisa mencegah asma pada anak, khususnya yang selalu dikelilingi perokok. Studi pada anak usia 4-16 tahun menemukan, asupan beta-karoten yang oke akan mengurangi serangan asma hingga 10% bila ia berada di lingkungan bebas rokok, serta 40% jika menjadi perokok pasif alias menghisap asap rokok orang lain.

Richard Baybutt, rekanan profesor nutrisi di Kansas University menemukan hal yang mengejutkan. Ternyata, zat beracun yang umum ada dalam asap rokok, yakni benzo(a)pyrene, memicu terjadinya kekurangan vitamin A.

Jadi, anak yang menjadi perokok pasif perlu lebih banyak lagi vitamin ini. Paling baik sih anak mendapat vitamin ini dari makanan sehari-hari. Catatan: Wortel lebih bergizi tinggi jika sedikit dipanaskan ketimbang dalam keadaan mentah. Ini karena vitamin dan mineralnya lebih siap 'berasimilasi'.

Baca juga: Anak Kurang Tidur? Ini Efek Buruknya!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia