Kenali Gejala Tuberkulosis

Bagaimana mengetahui apa saja faktor TB atau tuberkulosis, Ma? Ini dia beberapa gejala penyakit ini:

• Gejala umum TB tidak khas, seperti sering demam tanpa batuk pilek atau diare muntah, berat badan turun, nafsu makan menurun, serta ada beberapa kelenjar getah bening leher yang membesar.

• Faktor lain yang sangat berperan adalah adanya orang dewasa yang menderita TB aktif, yang sehari-harinya berada di dekat si anak.

• Selanjutnya, akan dilakukan uji Mantoux, dimana dokter akan menyuntikkan kuman TB yang sudah dilemahkan, lalu dilihat reaksinya terhadap tubuh. Jika tes Mantoux positif, semakin kuat dugaan terjadinya TB paru.

• Pada anak, rontgen paru-paru tidak bisa dipakai untuk menegakkan diagnosis TB. Juga, pemeriksaan darah sama sekali tidak bisa dipakai untuk menegakkan diagnosis TB. Jadi, memang tidak mudah menegakkan TB pada anak. Belum lagi, obat-obatan TB termasuk keras dan diberikan untuk jangka lama.

• Jadi, sebaiknya, tunda pemberian obat TB. Pastikan lagi apa masalah anak dan carilah second opinion pada dokter anak subspesialis paru (pulmonologi). Adanya kejelasan akan membuat masalah anak bisa ditangani dengan tuntas dan ia juga mendapat layanan kesehatan terbaik. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia