Ketrampilan Anak Balita Bergaul

Inilah bagaimana keterampilan bersosialisasi anak usia ini berkembang, yakni:

- 1 tahun: Ini masalah mengendalikan diri
Pada usia ini, teman anak adalah mereka yang mama atau papanya sudah Anda kenal. Namun, karena ia sering bertemu dengan anak-anak ini secara teratur, ini tidak berarti ia akan langsung memberikan boneka beruangnya atau gelang-gelang untuk temannya masukkan ke corong.

Anak usia ini belum memahami konsep berbagi. Mereka berpikir bahwa apa pun yang ada di tangannya merupakan miliknya. Jadi, Anda harus memainkan peran dan membantu si kecil untuk berbagi saat playdate.

- 2 tahun: Ini masalah memberi kata yang tepat
Kebanyakan batita sudah belajar untuk berbicara dengan baik sehingga orang tuanya mulai mengajarkan mereka beberapa frase yang bisa membantunya untuk mengekspresikan perasaannya. Lalu, mereka tidak perlu memukul atau mengambil sesuatu sesukanya, misalnya.

Kalau sudah begini, sebaiknya Anda mulai mengurangi waktu playdate hingga menjadi 1 jam saja dan buatlah aktivitas yang bervariasi sehingga anak bisa tenang lagi dengan mewarnai atau membaca buku. Hal ini bisa mencegah terjadi pertengkaran. Bisa juga, Anda rajin berada di dekat anak. Begitu ada masalah, langsung diselesaikan. Trik lain: Gunakan timer di dapur dan biarkan anak bergantian memainkan beberapa jenis mainan.

Foto: Foto Search

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia