Keuntungan Titip Anak di Daycare

Dua studi baru menemukan bahwa tempat penitipan anak (TPA) atau daycare  dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan meningkatkan sistem imun anak. 

Studi pertama memerlihatkan, anak yang dititipkan di TPA secara signifikan tidak memiliki keterlambatan bicara pada usia 3 dibandingkan mereka yang hanya diawasi di rumah oleh orang tua atau baby sitter. 

“Anak pada umur 1 dan 1,5 tahun yang kesehariannya di daycare umumnya dapat menerima stimulasi bahasa secara intensif dari anak-anak seumurannya dibandingkan mereka yang hanya tinggal di rumah. Hal ini akan lebih membantu kemampuan mereka berbahasa,” kata Ratib Lekhal, kandidat doktor di Norwegian Institute of Public Health, Depertement of Children and Adolescent Mental Health. 

Kedekatan antar anak di daycare juga dapat membantu meningkatkan kesehatan anak. Studi kedua yang dipublikasikan di The Archives of Pediatric and Adolescent Medicine, mendapati bahwa anak yang berada di daycare lebih sering terserang infeksi pernapasan dan telinga, tapi pada umur 5, mereka memiliki pertahanan dan imunitas lebih daripada anak yang hanya tinggal di rumah.(Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia