Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Anak Prasekolah Belajar Angka

Dari tiga sampai lima tahun, anak-anak sudah lebih jago menghitung dan mengenali bilangan, keterampilan yang erat hubungannya dengan pelajaran membaca. Tentu saja, anak Anda bisa lebih oke lagi bila bilangan tersebut ditampilkan secara fisik.


Matematika dengan muffin

Tuliskan bilangan satu sampai 12 di alas kertas muffin dan taruh kertas tersebut di loyang muffin. Bantu anak Anda memasukkan biskuit mungil ke dalam kertas tadi sesuai angka yang tertulis. (Anda butuh sekitar 78 buah untuk proyek ini.)


Yang dipelajari anak: Dengan meletakkan biskuit ke loyang muffin sambil Anda menghitung dengan suara keras, anak tahu kalau angka sepuluh berhubungan dengan sepuluh biskuit mungil. Mengenali (dan mencicipi) obyek secara fisik akan membuat sesuatu yang abstrak, seperti konsep bilangan, lebih mudah dipahami.


Berapa banyak?

Tutup meja dapur dengan handuk, lalu isi separuh gelas dengan air berwarna. Biarkan anak secara perlahan-lahan menuangkan cairan dari gelas tersebut ke wadah yang lebih besar (jar). Di sini anak belajar, meski air mengisi separuh gelasnya, air yang sama hanya bisa memenuhi bagian dasar dari wadah yang lebih besar. Cobalah tuang cairan tersebut ke wadah lain (seperti loyang pai) dan tuang lagi ke dalam gelas. Ajaib, isi gelas tetap sama dengan sebelumnya!


Yang dipelajari anak: Sekitar usia lima tahun, kebanyakan anak mulai mempelajari konsep ketepatan – bahwa isi tidak bertambah atau berkurang hanya karena bentuk yang berbeda.


Grafik 

Berbekal sehelai kertas dan setumpuk stiker, si prasekolah bisa jadi petugas resmi grafik dalam keluarga, yang bertanggung jawab mencatat berapa banyak pisang yang dimakan keluarga setiap hari atau berapa banyak buku yang Anda baca bersamanya. Di akhir minggu, ia bisa memindahkan hasilnya ke grafik garis atau berbentuk pai yang boleh diwarnainya.

Yang dipelajari anak: Grafik merupakan cara untuk menampilkan informasi bilangan secara visual. Dan karena ia sudah cukup familiar dengan cara grafik stiker mengukur hal-hal seperti menggosok gigi dan berbagi mainan, ia pasti menyukai perannya sebagai bos pembuat grafik.





   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+