Manfaat Anak Senang Membaca

Setiap Mama pasti ingin meningkatkan kemampuan anak pada masa tumbuh kembang mereka. Dan secara sadar ataupun tidak, Anda adalah guru terbaik bagi anak Anda. Melalui komunikasi yang Anda lakukan dengan anak, Anda sebenarnya bisa mengajarkan banyak hal padanya, salah satunya mengajaknya membaca buku bersama.

Lewat aktivitas membaca buku, anak sedang mempelajari interaksi verbal, mengenal kosakata, dan bagaimana menggunakan imajinasinya. Membaca buku bergambar juga merupakan salah satu trik cerdas untuk mengajarkan si kecil nama-nama warna, lho.

Nah, selain itu, Anda juga bisa membahas gambar dan warna yang terdapat dalam buku. Anda juga dapat merangsang imajinasi anak dengan pertanyaan seperti 'coba, benda apalagi yang punya warna sama seperti awan?' atau sambil menunjuk gambar kucing pada buku 'kalau kucing suaranya seperti apa, kak?'.

Pastikan Anda memilih buku cerita yang menarik dan dapat membangun ikatan dengan anak. Posisikan diri Anda pada diri anak dan bayangkan pengalaman apa yang bisa ia dapatkan saat membaca buku itu bersama Anda. Walau masih kecil, anak Anda sudah mulai bisa berpikir sendiri lho.

Namun, menurut Alzena Masykouri, M.Psi, psikolog dari lembaga psikologi KANCIL, Jakarta, ada baiknya juga bila Anda memvariasikan kegiatan menggunakan buku sebagai media belajar ini dengan kegiatan membacakan buku cerita secara lengkap dan utuh, tanpa interupsi pertanyaan-pertanyaan untuk ‘mengetes’ kemampuan anak. Kegiatan seperti ini dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan verbalnya lho.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia