Manfaat Ikan Untuk Anak

Jangan ragu untuk menambahkan ikan ke dalam makanan si kecil, Ma! Kandungan DHA (salah satu jenis omega-3) di dalamnya sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Inilah 5 manfaat ikan untuk anak antara lain:

1.    Membuat bayi lebih cerdas. Studi dalam jurnal Pediatrics tahun 2003 menemukan bahwa calon mama yang mengonsumsi suplemen omega-3 selama kehamilan dan menyusui, ternyata memiliki bayi dengan kemampuan kognitif lebih tinggi saat usia mereka 4 tahun. Pada tahun 2005, studi lain menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang diberi suplemen omega-3 menunjukkan peningkatan kemampuan membaca. Otak anak tumbuh tercepat saat sebelum lahir dan terus tumbuh pesat di tahun pertama kehidupannya. Jadi, inilah waktu yang ideal untuk memberikan DHA dalam menu sehari-hari.

2.    Meningkatkan fokus. Studi lain menemukan bahwa balita yang mamanya memiliki kadar DHA lebih tinggi dalam darahnya saat persalinan, lebih mampu mempertahankan fokus pada objek dibandingkan balita lain yang mamanya memiliki kadar DHA rendah.

3.    Memperbaiki penglihatan. DHA telah terbukti membantu menajamkan penglihatan pada bayi.

4.    Meningkatkan imunitas. DHA juga telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi, balita yang mengonsumsi susu formula yang diperkaya dengan minyak ikan, memiliki kadar protein lebih tinggi-yang menunjukkan fungsi kekebalan tubuhnya-dibanding balita yang minum susu formula atau susu sapi saja.

5.    Mencegah eksim. Menurut sebuah studi di Swedia, Omega-3 dapat mengurangi peradangan di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Menambahkan potongan salmon atau tuna ke dalam MP-ASI si kecil sebelum usianya 9 bulan, dapat membantu melindungi anak dari risiko alergi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia