Mata Anak Bintitan

Bintitan atau hordeolum terbentuk saat bakteri sejenis Staphylococcus aureus menginfeksi salah satu kelenjar minyak di daerah bawah bulu mata. Muncullah benjolan kecil kemerahan berisi nanah.

Bintitan tidak berbahaya tapi mengganggu kan? Tenang! kebanyakan akan kering sendiri dalam beberapa hari. Walau begitu, sebaiknya dijaga agar tidak berkembang jadi infeksi yang lebih parah. Apa yang harus dilakukan ketika si kecil bintitan?

Tip merawat mata bintitan:
1.    Gunakan kain lap bersih yang dibasahi air hangat untuk mengompres benjolan di mata si kecil. Tekan lembut selama 10-15 menit dan lakukan 4 kali sehari. Panas kompres akan membuat nanah berkumpul di permukaan benjolan sehingga bintitan makin cepat ‘pecah’ dan kering. Untuk bayi, agar lebih mudah lakukan saat ia sedang tidur ya

2.  Kalau nanahnya sudah keluar, bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat.

3.  Hindari penggunaan lap yang sama untuk kedua mata dan jangan berbagi handuk atau lap dengan bayi Anda, soalnya kuman penyebab bintitan bisa menular lewat penggunaan benda-benda tersebut.

4. Selalu cuci tangan Anda setelah merawat mata si kecil dan jangan lupa mencuci tangan anak (siapa tahu ia nanti mengucek-ucek matanya).


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia