Menu Favorit Anak Berbahan Pisang

Pisang yang rata-rata memiliki 95 kalori ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak, seperti potasium, serat, seng, zat besi, asam folat, dan vitamin B 6.

Beberapa manfaat dari pisang adalah kaya asam amino tryptophan (membangkitkan semangat dan membuat cepat terlelap), membantu kerja sel, saraf dan otot, menurunkan tekanan darah, menenangkan perut dan sistem pencernaan (tidak membuat sembelit dan diare), meningkatkan kadar energi, serta membantu tubuh mengeluarkan racun-racun.

Agar anak tak bosan makan pisang, berikut resep yang oke dan enak:

Banana pancake
Bahan: 1 buah telur, 1 cangkir susu, 2 sendok makan minyak, 1 cangkir pancake mix, 1 cangkir sereal, 2 buah pisang (irislah), 1 cangkir strawberry (irislah), dan 2 sendok makan gula halus

Cara membuat:
- Aduklah telur dengan susu dan minyak dalam mangkuk besar dengan pengocok kawat sampai rata. Tambahkan pancake mix, kocoklah hingga tercampur. Masukkan sereal, lalu kocoklah lagi. Biarkan selama 5 menit.

- Masukkan adonan dalam wajan panas, kira-kira ¼ cangkir adonan untuk setiap pancake. Masaklah sampai bagian atasnya timbul gelembung-gelembung. Baliklah pancake, dan angkatlah kalau sudah kecokelatan.

- Sajikan pancake dengan irisan pisang, strawberry, dan taburkan gula halus.
Catatan: Dari 1 adonan bisa menjadi 4 buah pancake

Banana berry smoothie
Bahan: 2 buah pisang matang, 5-10 buah strawberry utuh, ¼ cangkir blueberry, dan ½ cangkir susu

Cara membuat:
- Kupaslah pisang, iris-irislah setipis 2,5 cm, lalu taruhlah dalam kantung plastik berpenutup. Cucilah strawberry dan blueberry (potong tangkainya), dan masukkan ke dalam kantung plastik tersebut. Tutup kantung dan bekukan buah selama 3 jam.

- Masukkan buah beku dalam blender. (Jika terlalu beku, cairkan dulu ya) Tambahkan susu, lalu kocoklah bahan sampai mengental dan halus.

- Segera sajikan.
Catatan: Pas untuk 2 porsi sajian.

Fakta tentang pisang
• Jika anak susah tidur, berikan pisang saja. Seperti halnya secangkir susu hangat, pisang adalah ’obat’ tidur yang mujarab.

• Ada lebih dari 200 variasi pisang di seluruh dunia.

• Banana split terbesar yang pernah dibuat sepanjang 7,3 km.

• Orang Amerika rata-rata makan pisang sebanyak 11,8 kg per tahun.

Baca juga: Alasan Anak Perlu Makan Pisang

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia