Obesitas pada Anak

Data UNICEF 2012: Indonesia menempati posisi teratas tingkat obesitas pada anak di Asia Tenggara dengan persentase sebesar 12.2 persen.

Ada banyak faktor yang melatarbelakangi kejadian obesitas pada anak, di antaranya asupan energi, aktivitas fisik, gaya hidup, dan lingkungan. Terlebih, belakangan ada kecenderungan konsumsi minuman bergula atau berkalori yang semakin meningkat pada anak-anak, yang seiring pertambahan usia anak konsumsinya cenderung meningkat.

Beberapa jenis minuman manis berkalori di antaranya minuman bersoda, jus, air tebu manis, kopi manis, jus manis, dan sport drink yang menggunakan soda berkalori.

Prof. DR. Hardinsyah, MS, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menjelaskan, “Tidak sedikit kasus obesitas pada anak berlanjut hingga sang anak dewasa. Oleh karena itu, kondisi obesitas pada anak ini harus dihindari dengan membiasakannya menjalankan gaya hidup sehat dengan gizi seimbang.

Gizi seimbang di sini termasuk minum air putih sebelum makan utama, karena faktanya banyak minum air putih bisa turut membantu mencegah obesitas.”

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia