Olahraga Anak Terbaik Sesuai Usia

Anak-anak senang sekali belajar tentang bagaimana cara mengendalikan tubuhnya. Di sini, waktu ideal untuk memperkenalkan beberapa aktivitas yang popular dan cocok untuk anak, dan lebih lagi:

 

Usia terbaik untuk mulai (tahun)

Manfaat

Biar tetap aman

Senam

Anak usia 3 tahun bisa berguling-guling, Dan untuk anak 7 tahun dapat latihan di palang sejajar dan balok keseimbangan (saat keseimbangan dan kemampuan spasialnya sudah sempurna)

Melatih kelenturan; memperkuat tangan dan kaki

Orang dewasa perlu selalu mengawasi anak agar tidak terjatuh. Penggunaan matras akan melindungi anak dari cedera.

Ballet/dansa

3,jika kelas juga memasukkan banyak gerakan bebas; si 6 atau 7 mungkin sudah siap bergabung dalam kelas yang terstruktur

Melatih kelenturan, keseimbangan, serta koordinasi; membangun kekuatan dengan cara menggunakan berat anak untuk gerakan ballet, seperti lunge dan plies

Batasi kelas hingga 45-60 menit tiap minggunya hingga usia 5-6 (latihan yang lebih lama dan lebih sering bisa membuatnya kecapaian dan cedera).

Sepakbola

3 untuk menendang dan menggiring bola; 5 untuk bermain yang sesungguhnya (setelahnya, anak cenderung hanya mengerubungi bola saja)

Melatih koordinasi mata-kaki; berlari membangun massa tulang dan membantu perkembangan sendi-sendi

Pastikan anak menggunakan pelindung tulang kering (bila ia menjadi penjaga gawang) dan sepatu yang kokoh agar tidak gampang terpeleset. Jangan biarkan anak memantul-mantulkan bola dengan kepala sebelum berusia 10.

Berenang

5 ketika kebanyakan anak sudah mengembangkan keterampilan motoriknya untuk menguasai kayuhan-kayuhan tradisional, seperti gaya katak atau gaya bebas

Memperkuat tubuh bagian atas; meningkatkan daya tahun tubuh; melatih seluruh koordinasi

Pastikan instruktur berenang anak memiliki sertifikat dari badan resmi dan selalu ada lifeguard yang bertugas di sekitar kolam renang.

Beladiri

6 ketika anak sudah bisa lebih tenang dan mengembangkan keterampilan motorik agar mampu mengendalikan tubuhnya

Membantu anak belajar disiplin dan berkonsentrasi; pilihan oke untuk anak-anak yang tidak tertarik pada olahraga beregu

Kelas harus dilatih oleh instruktur bersertifikat dan lantai dilapisi matras.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia