Penyebab Anak Mengompol

Mengompol (bedwetting) banyak penyebabnya. Di antaranya, infeksi saluran kemih (ISK), faktor kejiwaan, gangguan persarafan di kandung kemih, dan sebagainya.

Pada anak, umumnya ini karena ISK atau masalah psikologis. Makanya, harus segera dicari penyebabnya. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan pemeriksaan urin untuk menyingkirkan kemungkinan ISK (ISK tak harus menimbulkan gejala, seperti demam atau sakit saat berkemih).

Untuk mengatasinya Anda bisa membantu anak mengatur pola hidup. Misalnya, biasakan untuk minum 1 jam sebelum tidur malam dan tidak memberi minum ketika terbangun tengah malam. Biasakan pula si kecil untuk pipis sebelum  tidur dan bangunkan tengah malam untuk pipis.

AC kamar jangan terlalu dingin ya, sebab udara dingin akan meningkatkan rangsangan untuk berkemih. Juga, hindari memberi minuman yang mengandung kafein (termasuk minuman bersoda), karena bisa membuat anak sering-sering berkemih.

Di siang hari, ajak anak ke kamar mandi secara rutin (setiap jam). Di sekolah, minta si kecil untuk tidak menahan pipis. Bicarakan dengan guru anak, agar guru  membantu mengingatkan anak untuk pergi ke toilet.

Baca juga: Sukses Potty Training dalam 1 Hari

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia