Penyebab Betis Asimetris

Sebaiknya pembesaran betis dipastikan dahulu ya, Ma. Apakah memang otot betis kanan lebih “tebal” ketimbang otot betis kiri ataukah tidak. Umumnya asimetri betis ini memang disebabkan oleh perbedaan ketebalan otot. Bila otot betis kanan lebih tebal dari otot kiri, pemeriksaan USG otot bisa lebih memastikan apakah ada pembesaran otot, pembesaran otot bercampur lemak, atau pembesaran lain (misalnya ada tumor di tulang).

Perhatikan, Ma, Kalau itu memang tumor, sifatnya bukan pembesaran dan asimetri, melainkan ada benjolan. Jika memang ada ketebalan otot betis yang berlebih di kaki kanan, hal ini disebabkan suatu kelainan otot - saraf (neuromuscular). Umumnya kelainan ini bersifat genetik. Apakah ada anggota keluarga Anda yang mengalami gejala serupa atau mengalami gangguan otot lainnya? Umumnya tidak ada terapinya.

Namun, ada laporan yang menyatakan bahwa pasien seperti ini bisa saja menjalani operasi “pembuangan” sebagian ototnya atas alasan kosmetik. Sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter anak ahli saraf (neurologi). Tanyakan apa diagnosis (penyebab asimetri betis ini), lalu Anda bisa tahu bagaimana kelanjutannya kelak, Diskusikan juga hal ini dengan dokter. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia