Penyebab Dan Gejala Diabetes Pada Anak

Penyakit diabetes yang bisa dialami anak terdiri dari dua macam, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Yuk, Mama cari tahu lebih jauh.

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi dimana pankreas hanya memproduksi sedikit insulin, atau malah tidak memproduksinya sama sekali. Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengubah gula (glukosa) menjadi energi.

Sedangkan diabetes tipe 2 anak mempunyai bakat untuk menderita diabetes tipe ini bila pola hidupnya tidak sehat (makan dan aktivitas tidak seimbang) sehingga terjadi kegemukan., namun baru muncul bila ada pemicunya dari lingkungan.

Penyebab diabetes tipe 1 karena sel yang memproduksi insulin dirusak sendiri oleh sistem kekebalan tubuh. Kelainan gen ini dibawa oleh orang tua. Pada diabetes tipe 2 disebabkan gaya hidup pada masyarakat sekarang juga dijumpai pada anak-anak, sehingga kasus diabetes tipe 2 pada anak pun terus meningkat.

Padahal, penyakit ini bisa tidak timbul bila anak menjalani gaya hidup sehat, yakni menjaga keseimbangan antara konsumsi makanan dengan aktivitas.

Perlu Mama ketahui gejala diabetes tipe 1 antara lain cepat sekali haus, sering buang air kecil, mengeluh kelaparan setiap saat, berat badan turun drastis, mengeluh lelah atau rewel, penglihatan buram, serta adanya infeksi jamur (anak perempuan dengan diabetes tipe 1 bisa mengalami infeksi jamur pada kelaminnya). Diabetes tipe 1 terjadi di puncak usia anak 5 – 7 tahun. (Foto:dok.Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia