Penyebab Gondongan pada Anak



Gondongan (Mumps atau Parotitis Epidemika) adalah infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur dengan disertai nyeri. Disebabkan virus paramyxovirus. Penyakit ini paling banyak menyerang anak-anak berumur 4 - 14 tahun. 


Gejala: Biasanya, gejala dimulai dengan 1- 2 hari demam, sakit kepala, nafsu makan berkurang, demam, merasa tidak enak badan, dan menggigil. Gejala pertama dari infeksi kelenjar air liur adalah nyeri di sekitar telinga, yang diperberat saat mengunyah atau menelan. Anak juga akan merasa nyeri ketika kelenjar liur pada lehernya disentuh. Pada saat ini suhu tubuh biasanya naik hingga 38,9 - 40C. Pembengkakan kelenjar liur baru akan terjadi pada hari kedua.


Cara penularan: Virus ini ditularkan melalui percikan air liur yang berasal dari bersin atau batuk, atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi air liur penderita. Masa inkubasi adalah 14 - 21 hari.


Cara merawatnya: Karena terdapat gangguan menelan atau mengunyah, sebaiknya anak diberi makanan lunak dan menghindari minuman yang rasanya asam karena bisa menimbulkan nyeri. Untuk meredakan nyeri, Mama bisa memberi obat pereda nyeri (asetaminofen atau ibuprofen).


Pencegahan: Tindakan pencegahan terbaik adalah menepati jadwal vaksinasi gondongan yang biasanya terdapat dalam bentuk kombinasi dengan campak dan rubela (vaksinasi MMR).

 

Tip untuk Mama: Nyeri akibat pembengkakan kelenjar air liur bisa dikurangi dengan cara mengompres daerah pipi atau leher secara bergantian dengan air hangat dan dingin.




   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.