Perawatan Gigi Sesuai Usia Anak

Kesehatan gigi susu anak tidak boleh diremehkan, lho, Ma. Walau nantinya akan digantikan oleh gigi tetap, gigi susunya juga harus mengalami perawatan yang baik. Perawatan gigi anak akan perlu dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan usianya.

•    Kunjungan pertama ke dokter gigi: Usia 1 tahun atau dalam waktu 6 bulan setelah gigi pertamanya tumbuh. Setelah itu, rutin periksakan giginya ke dokter gigi sebanyak setahun sekali.

•    Sikat gigi pertama: Ketika gigi pertamanya sudah tumbuh, pilih sikat gigi dengan kepala yang kecil dan bulu sikat dengan ujung membulat yang lembut. Anda bisa membantunya belajar sikat gigi sendiri saat ia berusia 4 tahun. Biasakan menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam.

•    Pertama kali menggunakan pasta gigi anak: Berikan saat anak berusia 18 bulan. Sebelum usia tersebut, membersihkan gigi cukup dengan sikat gigi lembut dan air.

•    Pertama kali menggunakan pasta gigi biasa: Pada ia sudah berusia 6 tahun.

•    Pertama kali menggunakan dental floss: Ketika gigi geraham susunya sudah tumbuh, yakni sekitar usia 3 tahun. Bersihkan giginya dengan dental floss setidaknya 2 kali seminggu.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia