Perlukah Baju Renang Sun-Protective?

Anda kan tahu kalau anak lebih sensitif terhadap paparan sinar ultraviolet ketimbang orang dewasa. Meski begitu, sebenarnya mereka perlu nggak sih memakai baju khusus yang benar-benar sun-protective?


Bagi kebanyakan anak, baju renang yang biasa sudah oke. Juga, cari topi yang bagian tepinya lebar dengan flap untuk menutupi leher belakang. Baju renang yang terbuat dari bahan yang agak tebal akan memberi perlindungan ekstra pada anak dibandingkan mengenakan T-shirt putih yang jelas-jelas tidak nyaman.


Bisa juga sih, anak menggunakan baju renang yang tertutup ala baju penyelam yang dijamin oke saat berbasah-basahan dan terjemur di bawah sinar matahari.


Bagi anak yang punya masalah kesehatan, seperti alergi terhadap sinar matahari atau punya riwayat penyakit yang berhubungan dengan matahari dalam keluarga (kanker kulit dan lupus), ada  baju renang khusus. Tidak seperti halnya baju renang biasa, bahan baju renang tersebut setara dengan SPF 50 (disebut UPF atau Ultraviolet Protective Factor) dan memberi perlindungan yang sama terhadap kondisi basah maupun kering.


Cuma itu? Tentu saja tidak. Baju ini mampu bertugas lebih baik dalam menutupi tangan dan kaki anak Anda. Memang sih, baju seperti ini cukup praktis. Sayangnya, harganya agak mahal.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia