Pilhan Makanan Untuk Pertumbuhan Anak

Anak dalam menjalani masa pertumbuhannya, pastinya memerlukan nutrisi yang begitu penting bagi tubuh. Untuk itu, sebagai orang tua, Anda perlu memastikan bahwa balita Anda terpenuhi kebutuhan gizinya, melalui makanan-makanan di bawah ini, yaitu:

Ikan
Mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan daya kerja otaknya. Agar anak suka makan ikan, triknya adalah: pilih jenis ikan tidak berduri, masak dengan sedikit air atau kaldu supaya matang menyeluruh tanpa menjadi kering.

Roti whole-wheat
Roti putih biasa hanya mengandung satu gram serat per lembar atau malah nihil sama sekali. Roti whole-wheat dapat menambah serat sebanyak dua gram per lembar. Agar menarik bagi anak, sajikan bersama coklat butir warna-warni kesukaannya.

Susu
Siapa yang tidak tahu khasiat susu bagi anak? Kalau anak Anda termasuk yang tidak doyan susu, coba temukan alternatif seperti jus jeruk yang diperkaya kalsium atau yogurt. Sajikan makanan yang mengandung keju rendah lemak namun kaya kalsium seperti  omelet keju, sándwich ayam dan keju, atau makaroni keju satu kali dalam sehari.

Sayur
Sayur mengandung berbagai vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sajikan sayuran dalam bentuk yang menarik secara visual. Buatlah bentuk wajah dari lauk pauk yang ada, termasuk brokoli untuk mulut dan potongan wortel untuk mata lalu sajikan dengan bumbu atau saus mayonnaise sebagai cemilan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia