Pilih Sepatu Anak Sesuai Usia

Setiap anak mengalami perubahan ukuran kaki yang cepat. Sedemikian cepatnya hingga bisa jadi anak butuh sepatu baru tiap 3 – 4 bulan. Nah, untuk di setiap tahap perkembangannya, tentu dibutuhkan penanganan yang tepat.

Sebuah merek sepatu anak www.pediped.com menyarankan cara memilih sepatu anak sesuai perkembangannya sebagai berikut:

•    Pertama berjalan
Jangan biarkan anak berjalan tanpa alas kaki. Saat mengenakan sepatu, pastikan yang solnya lembut sehingga bisa sembari membantu pertumbuhan kaki dan mengembangkan otot, kekuatan, serta melatih fungsi genggaman jari-jari. Sebaiknya hindari memakai sepatu sandal dan disarankan mengenakan sepatu olahraga.

•    Untuk bayi (infant)
Sepatu ideal bagi bayi adalah yang lembut dan fleksibel, dengan bagian permukaan yang memungkinkan kakinya bernapas dan bisa dieratkan hingga tercapai tingkat kenyamanan yang pas untuknya. Hindari sepatu yang bagian bawahnya terlalu lengket karena dapat mengubah langkah anak padahal mereka perlu belajar mengangkat kaki untuk bisa bergerak.

•    Untuk balita (toddler) dan anak-anak
Pilih sepatu yang bagian depannya bundar supaya jari-jari si kecil punya cukup ruang untuk bergerak. Pastikan juga terbuat dari  kulit lembut atau sol karet serta bahan yang bisa membuat kakinya ‘bernapas’, seperti kulit atau kanvas. Sebaliknya hindari yang berbahan plastik karena bisa menimbulkan bau kaki dan mendukung perkembangan bakteri.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia