Porsi Ideal Konsumsi Buah

Ternyata, Ma, sejumlah buah dapat mengoptimalkan pencernaan dan penyerapan karbohidrat, protein, dan lemak. Dalam proses pencernaan, tubuh memerlukan berbagai enzim pencernaan seperti protease (untuk mencerna protein), lipase (untuk mencerna lemak) dan amino (untuk mencerna karbohidrat).


Buah kiwi hijau, misalnya, mengandung actinidin yang merupakan enzim protease. Actidin mampu membantu pencernaan protein lebih cepat dibandingkan pencernaan normal. Karena protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik anak, tentunya baik sekali jika Mama memberinya buah-buahan lain yang mengandung enzim protease. Nanas dan papaya bisa jadi pilihan selain kiwi. 


Konsumsi buah yang ideal adalah 2-3 porsi per hari karena buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membantu metabolisme energi, mengatur pertumbuhan dan berperan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh.


Vitamin dan mineral memang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil, namun pada umumnya vitamin dan mineral tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Oleh sebab itu, untuk mendapatkannya harus didatangkan dari makanan, salah satunya dari buah potong segar.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia