Anak di Day Care
Apakah Mama & Papa mau menitipkan anak di day care?
Mau
Masih dalam pertimbangan
Tidak mau

Senangnya bermain sambil belajar

Batita

Serahkan uangnya
Berikan tiga lembar uang mainan untuk si kecil dan untuk Anda sendiri. Angsurkan selembar uang lagi bolak-balik antara Anda dan dia sambil nyanyikan sebuah lagu. Siapa yang memegang lembar uang itu ketika lagu berakhir, boleh menambahkan ke dalam tumpukan uangnya. Siapa yang mengumpulkan lembaran uang terbanyak, dialah yang menang.

Mencari harta karun
Timbun beberapa koin di dalam wadah berisi pasir. Mintalah si kecil mencari koin menggunakan tangan. Hitung setiap koin yang berhasil dia temukan,  (Awasi dengan hati-hati, koin bisa menyebabkan anak di bawah umur tiga tahun tersedak bila tertelan.)

Bayar untuk bermain
Taruh beberapa lembar uang dengan pecahan berbeda di dalam satu tas. Minta si kecil untuk menjumput selembar. Bila yang terambil pecahan Rp. 1.000,- dia harus melompat sebanyak satu kali; pecahan Rp. 5.000,- berarti melompat lima kali. Buat tantangan lain, seperti memberikan 10 ciuman atau 10 lompat kodok bila yang terambil pecahan Rp. 10.000,-.


Usia prasekolah

Mencocokkan uang
Rekatkan dua lembar pecahan Rp. 1.000,- ke dua kartu. Lakukan hal yang sama dengan pecahan Rp. 5.000,-, Rp. 10.000,- dan Rp. 20.000-. Tutup (balik) kartunya, kocok, dan minta si kecil untuk mencocokkan kartu dengan membalik dua kartu secara bersamaan.

Puzzle berhadiah
Fotokopi lembaran Rp. 1.000,-, Rp. 5.000,-, dan Rp. 20.000,-. Potong fotokopiannya menjadi beberapa bagian besar. Acak, lalu minta dia menyusunnya kembali. Letakkan lembaran uang  asli sebagai acuannya. 

Tebak-tebakan
Berikan beberapa petunjuk. Misalnya, “Aku berwarna biru, dan bergambar Kapitan Pattimura, uang pecahan berapakah aku?” Atau, “Aku berwarna cokelat, dan bergambar Tuanku Imam Bonjol, uang pecahan berapakah aku?”

Tebak siapa?
Lipat selembar uang Rp. 1.000,- hingga yang terlihat misalnya hanya pedang Kapitan Pattimura. Lalu pelan-pelan tampilkan lebih banyak bagian, hingga si kecil Anda bisa menebak uang pecahan berapa yang sedang Anda pegang.

Botol penuh uang
Isi botol dengan uang logam, dan minta dia menebak berapa kira-kira jumlah uang di dalamnya. Lalu biarkan si kecil mengeluarkan uang tersebut dan menghitungnya untuk mengetahui apakah perkiraannya mendekati kebenaran.


Usia sekolah

Apa bedanya?
Bantu si kecil membandingkan uang pecahan Rp. 50.000,- lama dengan yang baru. Lihat apakah dia bisa melihat apa yang berubah dan yang masih tetap sama dari kedua lembar uang tersebut. Lalu jelaskan, mengapa versi yang baru lebih sulit untuk dipalsukan. Misalnya, di uang baru benang pengamannya lebih terlihat, atau teksturnya lebih kasar.

Ayo belanja
Taruh berjajar beberapa benda favorit si kecil (misalnya stiker, apel, biskuit, penghapus, atau apapun), kemudian beri label harga pada masing-masing benda. Berikan si kecil uang, dan minta dia untuk membayar benda yang ingin dibelinya. Dia boleh menyimpan benda yang telah dibelinya.

Bikin bekal
Berikan padanya tabloid masakan lama, dan minta dia menggunting gambar masakan yang dia suka, sekaligus membuat perkiraan harganya. Tantang dia untuk membuat makan malam yang sehat untuk seluruh keluarga dengan biaya maksimal Rp. 50.000,-.

PAR 0408



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+