Solusi untuk Anak Selalu Menunda

Ancilla (2,5) tampaknya paling suka menunda. Ketika tiba saat pulang, ia masih tetap asyik bermain di playgroup-nya. Kalau Nadine, mamanya, dari Cipinang Elok, Jakarta Timur, mengajak pulang, berulangkali ia akan mengatakan, “Ntar dulu, Ma!”

Sampai akhirnya, mamanya jengkel dan memintanya pulang dengan nada suara yang mulai meninggi. Setiba di rumah, selesai makan, mama meminta ia untuk tidur siang. Lagi-lagi, sambil tetap asyik bermain, ia akan menjawab dengan wajah polos tak berdosa, “Ntar dulu, Ma!”

Hih, gemas, kan? Meski wajah manisnya sulit membuat marah, tapi Anda sebetulnya sangat ingin ia bisa menaati jadwalnya dengan baik dan tidak selalu mengulur-ulur waktu. Selain itu, dengan membiasakannya disiplin dalam melakukan beragam kegiatan, ia akan sekaligus belajar menghargai waktu sejak dini. Kalau begitu, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

- Selang-seling jadwalnya dengan kegiatan yang tak hanya harus, seperti mandi, makan, sekolah (ke playgroup), tidur siang, dll, tetapi juga yang ia suka, seperti jalan-jalan pagi sama papa, mengunjungi nenek dan melihat ikan-ikan peliharaannya, kencan bermain, dll. Agar ia tak menunda tidur siangnya, ingatkan kalau sesudah itu, ia akan bermain perosotan dan ayunan di taman dekat rumah. Atau, kalau ia segera pulang, masih akan ada waktu untuk mampir sebentar ke rumah nenek sebelum waktu makan siang.

- Libatkan ia dalam kegiatan di rumah yang tak bisa ditunda. Misalnya, membantu si Mbak memasukkan baju-baju kotor ke dalam mesin cuci. (Ia suka membantu, lho!). Biarkan ia tahu, pakaian itu tidak boleh terlalu lama tidak dicuci agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap. Lagipula, kalau T-shirt bergambar karakter kartun kesukaannya.cepat dicuci, ia jadi cepat bisa memakainya lagi, kan?

Bantu ia menaati jadwalnya dengan konsisten ya, Ma. Meski itu berarti Anda akan sering harus menarik tangannya dengan lembut. Jangan lupa, berikan penjelasan padanya dengan sabar ketika ia tak henti bertanya. Interaksi yang menyenangkan akan membuat anak tidak merasa terkekang dengan disiplin yang Anda terapkan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia