Susu Rendah Lemak = Anak Langsing?

Benarkah minum susu rendah lemak bisa bikin anak langsing?

Belum tentu, lho. Hasil studi yang diterbitkan dalam Archives of Disease in Childhood mendapatkan temuan bahwa anak yang minum susu skim atau susu rendah lemak (1 persen) cenderung mengalami kelebihan berat badan dibandingkan anak yang minum susu rendah lemak 2 persen atau susu murni.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut Mark Daniel DeBoer, MD, profesor pediatrik endokrinologi dari University of Virginia Health System, Charlottesville, Virginia, hal ini dikarenakan konsumsi susu skim atau rendah lemak umumnya dilakukan oleh anak-anak yang sudah mengalami kelebihan berat badan, dan pengelolaan berat badan tidak dibarengi dengan usaha lain, seperti berolahraga dan mengatur pola makan sehat.

Sebaliknya, para peneliti menduga bahwa susu dengan kandungan lemak 2 persen atau susu murni dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga anak cenderung malas ngemil dan asupan kalori yang masuk pun akan berkurang.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus buru-buru mengganti susu anak dengan jenis full cream atau susu murni. Untuk menjaga berat badan anak dalam kisaran normal, fokuslah pada usaha menghindari minuman manis dan camilan yang tidak sehat. Jangan lupa, kurangi juga porsi menonton TV si kecil dan perbanyak aktivitas berolahraga. Hal ini jauh lebih berdampak positif dibanding hanya sekadar minum susu tanpa lemak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia