Takut terbang

Berita kecelakaan pesawat terbang bisa membuat si kecil jadi takut bepergian dengan pesawat terbang. Karena belum terlalu lancar bicara, biasanya si kecil hanya akan bilang takut, tanpa jelas menyebut apa yang membuatnya takut. Jika memang Anda tak bisa menghindari bepergian dengan pesawat, coba deh, cara-cara ini.

  • Yakinkan dulu diri Anda sendiri. Kalau Anda sendiri ketakutan, Anda bisa meminta tolong orang dewasa lain untuk bicara kepadanya. Selama terbang, Anda bisa mengajaknya mengobrol terutama selama take-off dan landing agar Anda juga bisa mengatasi rasa takut Anda sendiri.
  • Ceritakan hal-hal menyenangkan. Misalnya, “Nanti kita bisa lihat awan dari dekat” atau “Kita bisa kenalan dengan tante  pramugari”. 
  • Tanyakan apa yang membuatnya takut. Seringkali anak takut terbang karena cemas oleh hal lain. Ini sering terjadi pada anak yang ayah ibunya sering bertengkar atau anak yang sering mendapat tindak kekerasan. Beberapa peristiwa yang sering terjadi di pesawat juga bisa membuat anak lebih takut. Goncangan misalnya, lebih baik jadikan humor, “Kayak main njot-njotan, ya.” Telinga  yang terasa tertutup juga mencemaskan buat anak, bisa Anda atasi dengan memberikan minuman terutama selama pesawat take-off dan landing.

Anak yang terus menangis memang bisa bikin sakit kepala. Tapi menurut Patty Wipfler, ahli pengasuhan anak, “Anak justru akan belajar mengatasi ketakutannya jika kita bantu menghadapinya, daripada jika kita hindarkan dari penyebab ketakutannya.”

PAR 0107

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia