Terapi Kesehatan di Rumah

Selain memberikan pengobatan yang tepat, gejala batuk-pilek juga bisa ditekan dengan melakukan terapi sendiri di rumah, sebagai berikut:

1. Terapi uap hangat: rebus air kira-kira 4 gelas hingga mendidih, dan tuang air ke dalam wadah. Larutkan seujung sendok kecil vicks atau transpulmin ke dalam air, aduk rata, dan minta anak menghirup uapnya. Atur wajah si kecil pada jarak aman, agar tak tersengat uap panas atau terpercik air mendidih. Terapi ini berguna untuk melapangkan pernapasan yang tersumbat.

2. Terapi kamar mandi: letakkan dua buah kursi di kamar mandi, dan ajak si kecil duduk di sana bersama Anda. Tutup pintu kamar mandi dengan rapat. Nyalakan keran air panas dan tampung di dalam sebuah ember hingga penuh.

Uap air yang memenuhi kamar mandi dan dihirup si kecil bisa membantu melapangkan jalur pernapasan sekaligus meredakan demam yang dideritanya.

3. Terapi kumur. Ambil segelas air hangat dan larutkan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Minta anak berkumur dengan larutan tersebut. Kumur-kumur dengan air garam empat kali sehari bisa membantu meredakan perih dan gatal pada tenggorokan.

4. Minum air hangat. Minum air hangat bisa membantu memberikan rasa nyaman pada tenggorokan serta melapangkan pernapasan yang tersumbat. Minum air banyak-banyak juga bisa membantu meredakan demam dan menghindari risiko dehidrasi pada anak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia