Tip Masak dengan Slow Cooker

Salah satu teknik memasak dengan metode slow cooking adalah menggunakan alat masak berupa slow cooker (SC). Alat ini sangat membantu mama yang cukup sibuk dalam menyiapkan makanan sehat. Berikut tip memasak menggunakan slow cooker:


- Cairan dulu bahan makanan beku sebelum memasukkan dalam slow cooker, karena perubahan suhu yang drastis bisa merusak zat gizi dalam makanan. Selain itu bahan makanan yang beku membuat proses pemasakan lebih lama.


- Letakkan bahan makanan yang teksturnya lebih keras di bagian paling bawah. Misalnya, daging atau ayam.


- Sayuran, seperti kentang atau wortel, juga sebaiknya diletakkan di bagian bawah agar cepat matang. Namun, untuk sayuran berdaun hijau yang cepat matang,  sebaiknya direbus dengan tempat yang berbeda. Setelah itu, ditambahkan sesaat sebelum matang.


- Hindari membuka tutup alat ini sebab bisa mengakibatkan uap keluar dan memperlambat proses pemasakan. Jika Anda ingin mengecek tingkat kematangan masakan, miringkan sedikit penutup sehingga uap keluar. Anda juga menjadi mudah melihat ke dalam slow cooker.


- Jika menggunakan ayam atau unggas yang berkulit atau daging yang berlemak, buang kelebihan kulit dan lemaknya dulu sebelum dimasak.


- Isi slow cooker ½ bagian saja dengan bahan makanan untuk hasil masakan yang baik.

- Untuk menghemat waktu pemasakan, gunakan air atau kaldu yang sudah dipanaskan terlebih dulu.


- Tambahkan bumbu, seperti garam atau lada, pada akhir pemasakan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia