Tip Potty-training

Tanya:
Anak laki-laki saya (3 ½) hanya mau pipis di potty, namun tidak mau melakukan lain. Bagaimana caranya membujuk dia untuk lepas dari diaper?

Jawab:
Hal ini umum terjadi, kok. Bagi beberapa anak, melihat pupnya hilang dari toilet merupakan sesuatu yang sangat menakutkan. Ada juga anak yang melakukan toilet training secara perlahan.

Yang pasti, jangan paksakan anak untuk tidak memakai diaper. Karena, jika Anda melakukan hal ini, ia akan mulai menahan pup. Akibatnya? Lama kelamaan hal ini menyebabkan sembelit dan rasa tidak nyaman. Lebih lanjut lagi, anak semakin enggan menggunakan potty. Untuk membantunya:

1. Beri banyak pujian. Bahkan jika ia hanya menggunakan potty selama beberapa detik saja sebelum Anda memakaikan diaper, beri hadiah, berupa cerita ekstra saat mendongeng sebelum tidur atau melakukan sesuatu bersama. Dr. Claire McCarthy, pengasuh rubrik di www.parenting.com, lebih memilih melakukan hal tersebut ketimbang memberi anak mainan atau uang.

2. Doronglah untuk berlatih setiap hari. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah setelah makan, sebab biasanya anak kebelet untuk pup.

3. Jika ia duduk di toilet, letakkan bangku kecil atau sesuatu untuk menaruh kakinya. Anak sulit duduk nyaman kalau kakinya menggantung.

4. Bersabarlah! Dukungan dan kesabaran Anda adalah motivator terbaik bagi anak Anda untuk bebas dari diaper.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia