Tips Kenakan Sabuk Pengaman Bagi Anak

Memakai sabuk pengaman selama di dalam mobil bukan hanya karena ada peraturan hukumnya, tapi juga masalah hidup dan mati. Dudukkan anak pada kursi bersabuk pengaman dengan lima tali pengikat selama mungkin (termasuk di bahu kiri-kanan dan selangkangan). Tali pengikat seperti yang digunakan oleh para pereli ini lebih aman dan sulit terbuka tanpa sengaja di saat mobil sedang berjalan.  


Coba taktik ini: 

Mulailah dengan santai. “Untuk membuat anak mau duduk dengan sabuk pengaman, saya selalu membuatnya tertawa terlebih dahulu dengan bermain ciluk-ba atau menggerak-gerakkan jari seperti ingin menggelitiknya. Dengan begini, dia tak sadar saat sabuk pengaman sudah melingkarinya. Saya juga langsung meletakkan boneka kesayangan di pangkuannya,” kisah Evie Marx di Bandung, mama Matthew (6) dan Michael (2). Bisa juga Anda mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya menyanyikan lagu konyol atau memasang wajah lucu. 


Beri mereka sogokan kecil. Memasangkan sabuk pengaman pada anak selama mereka berada di dalam mobil bisa menjadi hal yang melelahkan karena biasanya anak bakal berontak karena tak suka ‘duduk diam dan terikat’ di satu tempat. “Untuk membuat Andrew mau duduk manis saat dipakaikan sabuk pengaman, saya selipkan kejutan manis di sudut kursinya. Bisa berupa mobil-mobilan mungil atau camilan favoritnya,” tutur Auerelia di Semarang, mama dari Andrew (4).


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia