Tips Pilih Sepatu Untuk Balita

Tahukah Anda, pemakaian alas kaki yang tidak tepat pada masa kanak-kanak dapat menghambat pertumbuhan alami kaki anak.

Hal ini dapat memicu masalah pada otot dan tulang di masa mendatang. Kaki anak tumbuh dengan cepat, terutama pada usia di bawah 2 tahun. Oleh sebab itu sebaiknya ukur ulang kaki anak setiap 2-3 bulan.  

Simak tips berikut ini agar anak nyaman memakai sepatunya:

-Balita selalu sibuk mengeksplor sekelilingnya. Pilihkan alas kaki yang mudah untuk dipakai dan dilepas. Pengikat velcro bisa menjadi pilihan oke.

-Pada tahap usia ini, anak akan belajar mengikat sepatu sendiri. Supaya makin bersemangat, siapkan sepatu bertali dengan detail menarik atau bergambar tokoh kesayangan. Pastikan ornamen atau hiasan tidak mudah lepas.

-Untuk anak perempuan, sepasang sandal, sepatu pesta dan sepatu kasual sudah cukup. Sedangkan anak laki-laki memerlukan sepatu olahraga, sepatu pesta dan sepatu kasual.

-Telapak kaki anak berkeringat dua kali lebih banyak daripada telapak kaki orang dewasa. Jadi pilih bahan yang membuat kaki tetap bisa bernafas seperti kulit lembut dan kanvas dengan lapisan antibakteri.   

-Meski terlihat menggemaskan, hindari sepatu dengan hak. Selain membuat anak sulit berjalan, pemakaian hak dapat menghambat perkembangan kakinya. Untuk anak-anak lebih baik pilih sepatu bertumit datar.

-Tulang kaki belum sepenuhnya terbentuk hingga anak berusia 5 tahun. Bagian sol dan tumit sepatu haruslah kokoh dan tebal untuk melindungi kaki dari cedera. Di saat yang sama, sol dan tumit sepatu juga harus cukup lentur mengikuti pergerakan anak.

-Bagian depan sepatu sebaiknya cukup lebar agar kaki dapat tumbuh dengan baik. Berikan jarak 1cm (tidak lebih), di antara ibu jari dan ujung sepatu. Minta anak untuk jongkok lalu berdiri untuk memeriksa kenyamanan dalam sepatu barunya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia