Trik Anak Tenang Saat Makan di Luar Ala Mama Perancis

Anak sulit diatur atau rewel saat makan di restoran adalah pemandangan yang sering kita lihat di mal atau tempat-tempat makan. Tapi, tahukah Ma, menurut penulis buku French Children Don’t Throw Food, Pamela Druckerman, anak-anak Perancis justru selalu terlihat tenang ketika makan di luar dengan mama dan papa mereka.


“Mereka makan dengan baik. Tidak melempar atau melepehkan makanan dan tak rewel ketika diberikan makanan sehat,” kata penulis asal Amerika yang tinggal dan membesarkan tiga anak di Paris ini.


Ternyata, salah satu pola asuh Mama asal Perancis adalah tidak ragu mengatakan “Tidak” pada anak secara tegas.  Cara itu, menurut Druckerman, menghasilkan anak-anak dengan temperamen lebih tenang dan tahan banting.


Perilaku anak ketika makan berbeda jauh dari anak-anak asal Perancis? Tak perlu minder, Ma. Anda juga bisa membesarkan anak yang mengenal etiket makan di rumah atau restoran.


Salah satu cara melatihnya adalah mengajak anak makan di restoran sejak kecil. Dengan begitu anak dapat belajar duduk diam saat makan. Kalaupun, ia nakal, hal itu bisa jadi latihan ia untuk bisa berperilaku lebih baik jika makan di restoran lagi.


Jadikan kebiasaan sehingga anak terbiasa. Yang penting anak harus konsisten saat mengajarkan anak.


Baca juga:

- Di Usia Berapa Ajarkan Anak Table Manner?

- Trik Anak Duduk Tenang di Restoran



 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia