20 Tip Hindari Bayi Alami Kecelakaan (2)

Dalam sekejap mata, bayi yang selama ini lebih banyak berbaring di dalam boks kecilnya, kini tumbuh menjadi makhluk kecil yang suka menjelajah. Dan, tak lama kemudian, ia membuat Anda olahraga jantung karena ulahnya yang kadang bisa membahayakan.

Sebut saja: Memasukkan karet gelang ke dalam mulut dan mengunyahnya, mengintip kolong meja, menarik laci, memanjat kursi, dan masih banyak lagi aksi akrobatik lainnya. Ya.. ya… mata Anda selalu siaga mengawasi setiap pergerakan si kecil. Dan, Anda baru bisa bernapas lega ketika ia (akhirnya!) tertidur. Waktunya Anda untuk ikut tidur juga, kan?

Hmmm… selalu ada kemungkinan bagi anak untuk terbangun lebih dulu daripada Anda, dan memutuskan untuk memulai penjelajahan sendiri tanpa harus menunggu persetujuan Anda. Jadi, inilah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah risiko apa pun yang mungkin terjadi pada bayi saat Anda lengah:

11. Pastikan tak ada laci atau lemari berisi peralatan makan yang terbuka atau mudah dibuka oleh anak.

12. Saat menyapu dan membersihkan lantai, jangan lewatkan kolong meja, bawah kursi, balik keset, dsb, karena di situlah biasanya benda-benda atau sampah kecil bersembunyi.

13. Pastikan pintu kamar mandi selalu dalam keadaan tertutup.

14. Letakkan keset antislip di lantai kamar mandi dan dalam bathtub.

15. Jika Anda menggunakan water heater, atur agar suhu air yang dikeluarkan tidak lebih dari 45°C.

16.  Pasang pengaman di setiap pintu untuk mencegah kemungkinan anak terjepit jarinya.

17. Bila anak tidur bersama Anda, pastikan tinggi tempat tidur cukup aman untuk dinaiki/dituruninya sendiri.

18. Letakkan dompet, kotak obat, gunting kuku, permen, alat tulis, kosmetik, dll, yang mungkin mengandung bahan berbahaya, di tempat yang tinggi.

19.  Pastikan tidak ada kursi, tangga, atau apa pun untuk dipanjat anak di sekitar lokasi tempat Anda menyimpan benda-benda yang berbahaya.

20. Jangan biarkan bayi Anda yang berusia di bawah 1 tahun berdua saja dengan anjing peliharaan. Minta seseorang untuk mendampinginya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia