Agar Bayi Prematur Nyaman di Rumah

Bayi Anda lahir prematur? Ini 5 cara untuk membantu Anda melalui minggu-minggu pertama di rumah:


1. Batasi penjenguk 

Kerabat Anda mungkin belum paham soal perawatan khusus yang diperlukan bayi prematur. “Apalagi saat musim flu. Jangan merasa bersalah untuk meminta orang lain tidak menyentuh atau menggendong bayi Anda,” ujar Kelly Whitehead, ahli mikrobiologi dan pengarang buku High Risk Pregnancy – Why Me?


Mintalah dengan sopan pada kerabat atau teman untuk tidak membawa anak-anak balita ke rumah Anda. Jika ada yang keberatan, keluarkan alasan, “Maaf, ya. Ini saran dari dokter.”


2. Bersabarlah 

Waktu yang dibutuhkan bayi prematur akan lebih lama dalam segala hal. Menyusui pun mungkin lebih sulit. Selama berminggu-minggu, saya berjuang untuk membuat AJ tetap terjaga saat menyusui.


3. Mintalah dukungan 

Setelah shock karena harus melahirkan lebih awal, merawat bayi prematur di NICU bisa membuat orang tua mengalami depresi atau masalah dalam perkawinan, bahkan stres pasca trauma. Karena bayi prematur sebaiknya tidak diajak bepergian, orang tua bayi prematur sering kali merasa terisolasi. Lebih daripada yang dirasakan orang tua ‘normal’.


Menurut studi yang dimuat dalam Canadian Medical Journal, 87 persen mama yang bayinya dirawat di NICU dan mendapat dukungan emosional dari kawan senasib merasakan stresnya berkurang dan lebih sedikit merasakan gejala depresi serta kecemasan.


4. Jadwalkan pemeriksaan rutin 

Minta penjelasan dokter soal pemeriksaan rutin atau terapi yang harusnya dilakukan. Mungkin Anda harus lebih sering kontrol ke dokter anak, atau anak mungkin butuh fisioterapi. Developmental milestones (tahap perkembangan, yakni duduk, jalan, dan bicara) bayi prematur sering kali lebih lambat dibanding bayi yang lahir cukup bulan. Jadi, intervensi dini sangatlah penting, bila memang ada masalah perkembangan.


5. Nikmati waktu bersama bayi Anda 

“Bersyukurlah untuk tiap kemajuan kecil,” ujar Heather Kircher dari Virginia, AS yang melahirkan anaknya pada kehamilan 32 minggu. “Saat bayi Anda lahir terlalu cepat, dan Anda memeluk bayi mungil yang seharusnya masih berada dalam kandungan, itulah miracle.” 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia