Ajarkan Table Manner Sejak Bayi

Sejak usia berapa sih, anak sebaiknya diajarkan table manner atau etiket makan? Anna Surti, psikolog dari Klinik Terpadu, Psikologi UI, mengungkapkan, sejak anak mampu duduk mandiri, sebenarnya sudah bisa diajarkan table manner.


“Umumnya, di usia 7-8 bulan. Sejak anak memasuki usia ini, mama bisa ajarkan anak kebiasan makan di meja makan, duduk di kursi sendiri (atau high chair), dan tidak berjalan-jalan.”


Usia bayi hingga 1 tahun, motorik kasarnya belum sempurna. Makanya, makanan banyak berjatuhan. Tapi, adalah cara terbaik untuk melatih anak ketrampilan makan. 


Kendati demikian, para orangtua lebih baik menghindari harapan yang terlalu muluk. Misalnya, berharap anak duduk diam sampai semua orang selesai makan, sementara ia sudah selesai.


"Itu terlalu muluk. Apalagi anak usia prasekolah masih sangat aktif fisiknya. Jadi, buatlah yang simpel dan terjangkau oleh anak. Misalnya, cuci tangan sebelum makan, tidak boleh bawa mainan ke atas meja makan, tidak boleh membuang makanan (melepeh), dan biasakan mengatakan tolong atau terima kasih."


Seiring berjalan waktu, setelah ia bisa makan sendiri, sekitar 2-3 tahun, anak biasanya lebih mengeksplorasi. MIsalnya, jika ingin mengambil makanan gunakan sendok lauk, bukan sendok makannya. Atau, jika ingin menambah makanan bisa minta bantuan orang lain dengan sopan menggunakan kata tolong. 


Baca juga: Ajari Etiket Makan Sejak Dini


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia