Alasan Bayi Takut pada Orang Tak Dikenal

Danish (5 bulan) sangat manis dan lucu. Tapi, kalau ada orang tak dikenal dan wajah mereka terlalu dekat, ia pasti langsung menjerit dan menangis. Bahkan, ketika ikut mamanya berbelanja, dan tiba-tiba ada kenalan mamanya yang menyapa sambil mengatakan betapa lucunya dia, tangisnya akan pecah. Mengapa bayi yang ceria bisa takut pada orang asing? Apa yang terjadi padanya?

Sebetulnya, hal ini normal. Banyak bayi yang merasa tidak nyaman dengan intonasi dan nada suara dari orang yang tak dikenalnya. Apalagi, kalau orang baru itu bicara dengan suara lantang, sehingga mengagetkannya. Ini biasanya disebut stranger anxiety (kecemasan pada orang asing).

Hampir semua bayi akan melewati masa-masa ini, rata-rata mencapai puncaknya pada usia 8 - 10 bulan. Bayi yang satu mungkin saja lebih pencemas dibanding yang lain. Meski Anda merasa agak kesal, sebetulnya ini merupakan fase yang diperlukan bayi Anda dalam perkembangannya.

Ini juga adalah pertanda baik, yakni anak sudah menjalin kelekatan dengan orangtua maupun pengasuhnya. Pada fase ini, dua hal penting yang ia pelajari adalah: Ia adalah individu yang berbeda, serta orang datang dan pergi (karena mereka adalah individu yang berada di luar kendalinya!).

Untuk membantunya melewati masa-masa ini:
- Beri dukungan. Jangan paksa, jika bayi Anda tak ingin bersama seseorang yang tidak dikenalnya dengan baik.

- Beri ‘teman’ untuknya. Bila Anda terpaksa meninggalkannya selama beberapa saat, biarkan ia ditemani oleh mainan atau selimut favoritnya.

- Jangan lupa berpamitan. Setiap kali meninggalkan si kecil, lakukan secara terus terang dan jangan sembunyi-sembunyi. Kalau Anda meninggalkannya agak lama, ia mungkin akan menangis selama beberapa saat. Nah, sesudahnya ia akan baik-baik saja kok. Bahkan, ia akan belajar bahwa setiap kali Anda pergi, ternyata Anda akan selalu kembali.

Setelah semakin besar dan memahami konsep ini, kecemasan si kecil akan berkurang dan ia akan lebih mudah menerima kehadiran orang lain. Jadi, bersabarlah, Ma!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia