ASI vs Ibu Bekerja

Semua mama setuju ASI is the best for our babies dan compatible with modern life. Jadi, siapa bilang memberi ASI eksklusif selama 6 bulan (sampai sedikitnya anak berusia 2 tahun) itu sulit? Baca caranya berikut ini ya, Ma:

• Prinsip utama menyusui adalah relaks, tenang, sabar, dan pikiran jangan ruwet. Prinsip kedua adalah ASI akan meningkat produksinya, bila permintaan dan kebutuhan meningkat.

• Kiat sukses menyusui adalah perahlah ASI sesering mungkin dan sedini mungkin (sejak awal melahirkan!). Hanya dengan sesering mungkin memerah ASI (tapi konsisten), produksi ASI Anda pasti berlimpah.

• Kualitas ASI tidak segera diperah akan tetap baik kok. Satu-satunya masalah adalah jika ASI tidak dikeluarkan untuk beberapa jam (selama Anda di kantor). Cepat atau lambat, produksi ASI akan menurun. Tanamkan dalam pikiran bahwa “sulit” bukan berarti jalan buntu. Bicarakan saja dengan pimpinan dan teman sekerja, serta kemukakan niat Anda untuk secara konsisten memerah ASI sedikitnya 3 kali selama di kantor (pagi, siang, dan menjelang sore). Nah, Anda berhak meminta kesempatan tersebut difasilitasi (mengacu ke UU tenaga kerja).

• Proses manajemen laktasi yang baik adalah sesering mungkin dan secara konsisten (kalau bisa pada waktu yang sama), perahlah ASI. Catatan: Jangan perhatikan jumlah ASI yang didapat. Ketika baru mulai proses memerah ASI, mungkin Anda hanya mendapat 10 - 20 cc setiap 2 jam. Dan, jangan anggap ASI Anda termasuk sedikit ya. Terus saja memerah ASI dan lakukan sesering mungkin. Setelah 2-3 mingguan (tergantung pada setiap individual), produksi ASI pun akan meningkat. (Foto: dok. Feminagroup.)


 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia