Atasi Alergi Susu Sapi pada Anak

Banyak orang tua yang merasa khawatir jika anaknya mengalami alergi terhadap susu sapi.  Ada beberapa langkah untuk mengatasi alergi susu sapi yang harus diketahui oleh orang tua.

Langkah utama untuk mengatasi alergi ini adalah menghindari paparan protein susu sapi pada diet bayi/anak. Pada bayi dengan ASI eksklusif, ASI tetap diteruskan dan Anda jangan mengonsumsi produk susu sapi dan turunannya pada makanan sehari-harinya sampai usia bayi 9 - 12 bulan atau minimal 6 bulan.

Untuk bayi yang mengonsumsi susu formula standar, gantilah susu formula tersebut dengan susu formula khusus yang diberikan sampai usia bayi 9 - 12 bulan atau minimal 6 bulan.  Pada bayi yang sudah mendapat makanan padat, hindari pemberian protein susu sapi dalam makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Bawalah anak ke dokter bila ditemukan gejala/tanda yang berat/tidak respon terhadap terapi yang diberikan, mengancam nyawanya, dan mengganggu tumbuh kembangnya.

Mungkinkah alergi ini hilang seiring dengan bertambahnya usia anak? Benar, alergi susu sapi bisa hilang dengan bertambahnya usianya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia