Atasi Bayi Sulit BAB

Bayi Mama belakangan ini selalu mengedan dengan susah payah ketika BAB atau pup. Mengapa bisa begitu? Atasi yuk, Ma. Caranya berikut ini:

Apakah susunya ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula? Nah, bayi yang minum  susu formula biasanya pupnya akan lebih keras dan berpotensial menjadi sembelit. Kalau pupnya tidak setiap hari dan keras, ini berarti ia sembelit.

Idealnya, ia pup setiap hari. Kalaupun tidak setiap hari, pupnya tidak keras. Cara mengatasinya sebagai berikut:

• Pertama, tingkatkan kembali asupan ASI.

• Kedua, berikan makanan kaya serat, seperti buah parut, sayur cincang lembut, beras merah, oatmeal, dan roti gandum. Buat menu makanan yang dicampur dengan ASI.

• Ketiga, minum cukup, termasuk saat makan. Sambil makan, minumnya ASI perah dan air putih, dimana perbandingan ASI perah lebih banyak ketimbang air putih.

• Perlukah konsultasi ke dokter khusus? Coba ubah dulu pola makan dan minum ASI-nya. Amati terus perilaku anak. Selama dia happy dan tidak kesakitan, pup tidak berdarah, berat dan tinggi badannya baik, dan pup tidak lebih dari 5 hari sekali, Anda tidak perlu cemas. Kalau pun ingin berkonsultasi, Anda cukup dengan dokter anak langganan. (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia