Aturan Anak Minum Susu

Bayi minum susu ternyata ada aturannya. Berikut penjelasannya:

• Hingga usia 1 tahun, susu (ASI atau Air Susu Ibu) merupakan makanan utama bayi. Hanya saja, diatas usia 6 bulan, susu tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Jadi, mau tidak mau harus dilengkapi dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

• Agar kebutuhan susu bayi Anda tidak berkurang seiring dengan dimulainya pemberian MPASI, buat saja menu makanan yang dicampur dengan ASI atau susu. Di usia 7 bulan, tekstur makanan harus lembut.

• Pilih bahan dasar bubur, yakni beras, kentang, labu kuning, ubi cilembu, oatmeal, kukus apel atau pir, mangga, alpukat, jagung, brokoli, kacang hijau, dan lainnya. Setelah dilembutkan, masukkan ASI atau susu. Meski sudah mengonsumsi MPASI, asupan susunya harus tetap terjaga. 

• Sebenarnya, tidak ada patokan baku berapa banyak susu yang dibutuhkanu. Sekitar 700 - 800cc (termasuk yang dimasukkan ke makanan, dengan asumsi makan 2 - 3 kali sehari) sudah cukup. Atau, Anda bisa menyiasatinya dengan cara memberinya minuman, berupa ASI atau susu, ketika anak makan. Agar asupan ASI tetap mencukupi kebutuhan bayi, pastikan MPASI tidak terlalu banyak dan sering.

• Tentu saja, ASI adalah jenis susu terbaik. Namun, jika karena satu dan lain hal tidak bisa memberi ASI, Anda bisa memberi susu formula yang bahan dasarnya adalah susu sapi (bukan susu kedelai). (Foto: dok. Feminagroup.)


 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia