Bayi 10 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Normalkah?

Bayi Anda yang berusia 10 bulan belum tumbuh gigi layaknya bayi seusianya. Perlukah khawatir?

Anda tidak perlu cemas. Gigi manusia sudah terbentuk ketika seseorang masih dalam kandungan, kurang lebih di usia kehamilan 20 minggu. Pada saatnya, gigi pasti akan muncul (erupsi). Sayangnya, waktu timbulnya bisa berbeda dari satu anak ke anak yang lain. Umumnya, memang di usia 7 bulan. Meski begitu, ada pula anak yang belum memiliki gigi di usia 1 tahun. 

Perlukah suplemen? 

• ASI (Air Susu Ibu) serta asupan gizi sehat seimbang akan membuat benih gigi dan gigi anak sehat dan kuat. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan suplemen vitamin dan mineral. Misalnya, kalsium. 

• Cukupi saja kebutuhan nutrisinya melalui makanan sehari-hari. 

• Setelah itu, Anda perlu menjaga kebersihan rongga mulut bayi Anda. Walau giginya belum muncul, rongga mulut tetap harus dijaga kebersihannya. Caranya? Gunakan sikat gigi khusus untuk bayi. Biasanya, sikat gigi ini dimasukkan ke jari Anda, lalu Anda bisa mulai membersihkan gusi, lidah, dan langit-langitnya secara perlahan. Lakukan hal ini, terutama setiap habis makan. Jadi, rongga mulutnya tetap bersih. 

• Kapan harus panik? Bila di usia menjelang 18 bulan, gigi anak belum juga muncul, silakan berkonsultasi dengan dokter gigi anak (dokter gigi dengan spesialisasi anak). (Foto: dok. Feminagroup.)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia