Bayi belajar membaca?

Pernah mendengar bayi bisa diajari membaca huruf? Mungkin Anda pernah melihat flash card berisi kata-kata dengan huruf yang sangat besar dijual di toko buku. Memang, ada beberapa ahli yang yakin, sejak lahir pun bayi sebetulnya sudah bisa diajari membaca. Tentu dengan cara belajar khusus, yaitu menampilkan beberapa flash card secara cepat sambil membacakan kata-katanya dengan jelas. Kecepatan menampilkan flash card ini diyakini bisa merangsang otak kanan yang memang sedang berkembang optimal untuk menerima informasi dan langsung mengolahnya.

Bila Anda tertarik mencobanya dengan si bayi, ingat ini, ya:

  • Telaten, artinya Anda konsisten menerapkannya setiap hari. Jangan hanya melakukannya ketika Anda menginginkannya.
  • Betul-betul menguasai dulu meto-denya. Anda bisa mengikuti petunjuk di buku, atau mengikuti workshop-nya, sehingga tak ragu dan tak salah menerapkan.
  • Terus mengasah kemampuan lanjutan. Bila kemampuan meningkat (misalnya anak mengenal kata-kata tertentu) bukan berarti pengajaran selesai.  
  • Jangan berhenti di flash card saja. Ajak anak membaca buku atau tulisan-tulisan di mana pun ia berada. Selipkan di antara jam bermain acara 'membaca' buku-buku bergambar yang bisa menarik perhatiannya.
  • Banyak mendongeng dari buku cerita. Jangan lupakan metode tradisional untuk membantu anak menyukai bacaan.
Tak kalah penting, Mama tetap punya banyak ide untuk melakukan berbagai hal lain, sehingga aktivitas sehari-hari bukan hanya belajar membaca saja. Membaca dan berkomunikasi memang hal penting dalam hidup si kecil, tapi itu hanya sebagian dari hidupnya. Jadi, jangan lupakan aktivitas lain untuk stimulasinya.

PAR 0408

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia