Bayi Juga Bisa Stres

Tahukah Anda kalau bayi pun bisa mengalami stres. Ia merasa stres ketika kebutuhannya tidak terpenuhi (lapar, bosan, atau ingin digendong), sehingga gelisah, rewel, lalu menangis. Apa solusinya? Setiap bayi itu unik, Ma, dan cara menenangkannya berbeda-beda.

Ini beberapa cara yang bisa Anda praktekkan:

PENUHI KEBUTUHAN DASARNYA. Bila terpenuhi secara konsisten (mengganti popok basahnya dengan popok baru, memastikan suhu tubuhnya sesuai atau tidak kepanasan atau kedinginan), ia akan merasa tenang dan aman.  

CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF. Misalnya, suasana rumah yang nyaman dan penuh kasih sayang. Selain itu, banyak penelitian menunjukkan, bayi lebih menyukai melihat ekspresi wajah bahagia dan tidak menyukai emosi negatif yang dipancarkan orang di sekelilingnya.

BAYI SANGAT SUKA DIGENDONG, dan menggendongnya sambil berjalan bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan bayi. Ternyata, hal ini membuat detak jantungnya lebih teratur, serta frekuensi menangis dan pergerakan tubuhnya berkurang.

SEGERA MERESPONS KETIKA BAYI MENANGIS
. Ya, ia membutuhkan mama untuk segera menggendong, memeluk, dan menyusuinya. Penelitian menunjukkan, bayi yang segera ditenangkan ketika menangis, cenderung akan menangis lebih sedikit.  

MEMIJAT BISA MEMBUAT BAYI MERASA LEBIH RELAKS, sehingga tidurnya lebih nyenyak dan mengurangi kebiasaannya menangis. Selain menghilangkan stres, pemijatan juga mampu mempererat ikatan antara mama dan bayi. Cari metode dan teknik yang paling tepat untuk bayi, Ma!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia